6 Mar 2013

Resep Ombre Cake

Ini resep Ombre Cake bagi para mommy yang ingin membuatnya.
Bahan-bahan:

·        Butter 120 gram
·        gula pasir 200 gram
·        telur 4 butir
·        tepung terigu 360 gram
·        susu cair 200 ml
·        baking powder 3/4 sdt
·        baking soda 1/2 sdt
·        essence vanilla 1 1/2 sdt
·        buah strawberry ukuran sedang 8-10 buah
·        gula pasir 2 sdm
·        selai strawberry 5sdt (kalo malas bikin selai sendiri)
·        pewarna makanan merah 15 tetes
·        cream cheese 200 gram
·        gula halus 50 gram
·        whip cream 250 gram
·        gula warna warni secukupnya


Cara Membuat:
1.     Iris kasar strawberry, masak di panci bersama 2 sdm gula & sedikit air sampai strawberry hancur dan menjadi seperti selai. Dinginkan. Kalau malas, bisa diganti dengan selai strawberry kemasan.
2.     Panaskan oven 175 derajat celcius. Beri lapisan mentega & taburan tepung pada 6 loyang ukuran 18 cm.
3.     Kocok butter & gula sampai berwarna pucat, tambahkan telur satu persatu sambil terus dikocok sampai adonan pucat, ringan, dan menyatu sempurna (seperti tekstur krim). Tambahkan essence vanilla & strawberry yg sudah dimasak (atau selai) lalu kocok lagi sebentar saja, asal sudah menyatu.
4.     Campur semua bahan kering ----> tepung terigu, baking powder, baking soda, lalu ayak dengan baik.
5.     Masukkan campuran kering ke dalam adonan basah sedikit demi sedikit, bergantian dengan susu cair, sambil diaduk rata. Pastikan yang terakhir masuk adalah susu cair.
6.     Bagi adonan menjadi 6 sama rata, lalu mulai proses mewarnai, dengan aturan sbb --->
7.     ADONAN 1 : tidak ditambahkan pewarna. ADONAN 2 : 1 tetes pewarna. ADONAN 3 : 2 tetes pewarna. ADONAN 4 : 3 tetes pewarna. ADONAN 5 : 4 tetes pewarna. ADONAN 6 : 5 tetes pewarna.
8.     Tuang masing adoan ke dalam loyang, panggang selama kurang lebih 14 menit. Tunggu 5 menit sebelum dikeluarkan dari loyang, lalu dinginkan kira2 30 menit sebelum dihias.
9.     Sambil menunggu cake dingin, proses pembuatan cream cheese frosting bisa dimulai. Kocok cream cheese & gula halus sampai lembut. Di mangkok terpisah, kocok whip cream sampai kaku. Masukkan whip cream ke dalam campuran cream cheese, dan aduk dgn cara melipat, perlahan sampai semua whip cream tercampur rata dengan cream cheese.
10.                        Susun cake mulai dari warna termuda, beri lapisan cream cheese, lalu tumpuk dengan cake warna kedua. Lanjutkan terus sampai 6 cake sudah tersusun dengan urutan gradasi warna termuda hingga tertua (atau kebalikannya). Tutup seluruh cake dengan cream cheese, lalu beri taburan gula warna-warni.

Ada juga Resep Rainbow Cake dan Resep Cone Cake yang enak lho mom's. Cobain juga ya ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar