10 Mar 2013

Manfaat Permainan Edukasi untuk Anak


permainan edukasi anak

Sekarang ini banyak sekali ragam permainan untuk anak di pasaran. Sebagai orang tua, hendaknya Anda bijak dalam memilih mainan untuk anak Anda. Permainan edukatif anak saat ini sudah banyak menjadi pilihan para orang tua. Hal tersebut karena manfaat permainan edukatif untuk si kecil sangat banyak.



Beberapa manfaat permainan edukatif yaitu:
·        Melatih kemampuan motorik halus dan kasar anak.
Saat memainkan permainan edukatif anak, stimulasi untuk motorik halus diperoleh saat anak mengambil mainannya, meraba, memegang dengan kelima jarinya, dan sebagainya. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerak-gerakkan mainannya, melempar, mengangkat, dan sebagainya.
·        Melatih konsentrasi anak.
Saat memainkan permainan edukatif anak, anak akan memfokuskan pikirannya untuk mengetahui bagaimana cara memainkan permainan tersebut. Saat itulah kemampuan anak akan tergali. Misalkan saat menyusun puzzle, katakanlah anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya. Ia akan terfokus pada mainannya dan hal ini sangat baik untuk melatif konsentrasi si kecil.
·        Mengenalkan konsep sebab akibat.
Saat memainkan permainan edukatif anak yang berkaitan dengan rancang bangun, si kecil secara tidak langsung diajarkan mengenai konsep sebab akibat. Dimana ia akan mengerti jika ia menumpuk mainannya seperti cara A, ia akan mendapat bangunan A. Tapi jika ia melakukannya dengan cara B, maka bangunan yang dihasilkan pun akan berbeda dari sebelumnya.
·        Melatih bahasa dan wawasan.
Alat permainan edukatif anak akan sangat baik bila dibarengi dengan penuturan cerita. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan buat anak, yakni meningkatkan kemampuan berbahasa juga keluasan wawasannya. Saat si kecil mulai bisa berbicara, ia akan berusaha untuk menceritakan bagaimana ia memainkan mainannya atau bagaimana ia menyusun balok-balok hingga membentuk sebuah bangunan yang indah.
·        Mengenalkan warna dan bentuk
Dari permainan edukatif anak dapat mengenal ragam/variasi bentuk dan warna. Ada benda berbentuk kotak, segiempat, bulat dan dengan berbagai warna seperti biru, merah, hijau, dan lainnya.


Bagi orang tua yang ingin melihat / membeli mainan edukasi anak bisa klik disini ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar