4 Nov 2014

Resep Martabak Manis MIni



Martabak manis tidak hanya berukuran besar. Ada juga martabak versi mini yang pas untuk disantap si kecil. Daripada beli, sesekali cobalah buat sendiri martabak ini. Gunakan cetakan martabak mini untuk memudahkan pembuatan.
Siapkan peralatan dan bahan-bahan lalu ajak anak untuk membuat adonan hingga mengisinya. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
Untuk membuat martabak manis mini diperlukan:
300 gr tepung terigu protein sedang
 1 sdt soda kue
 50 gram gula pasir
 2 butir telur kocok lepas
 1/4 sdt vanili bubuk
 1 sdm ragi instan
200 ml susu cair
margarin secukupnya
Topping bisa berupa meises, keju parut, dan susu kental manis secukupnya.
Cara Membuat:
Masukkan telur, gula dan vanili bubuk dalam sebuah mangkuk. Kemudian kocok dengan mixer hingga mengembang dan kental. Campur tepung terigu, soda kue dan ragi instan. Tambahkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan secara bergantian dengan susu. Kocok kembali dengan mixer.  Tutup adonan dengan kain bersih. Diamkan di tempat hangat sekitar 1 jam hingga adonan mengembang.
Panaskan cetakan martabak menggunakan api kecil. Kemudian oleskan margarin. Tunggu hingga cetakan benar-benar panas. Masukkan adonan sampai 3/4 cetakan. Tekan bagian tengah memakai sendok sayur agar terbetuk pinggiran tipis. Diamkan martabak sampai permukaannya berlubang. Lalu taburi sedikit gula pasir. Tutup cetakan martabak. Masak sekitar 5 menit hingga martabak matang.
Angkat martabak dari cetakan. Kemudian taburi martabak dengan meisjes, keju parut dan susu kental manis. Sajikan hangat.
(DetikFood) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar