20 Mar 2013

Tips Mencegah Kentang Kecoklatan Usai Dikupas

MENGOLAH kentang dalam jumlah banyak, biasanya kentang dikupas dahulu yang mengakibatkannya berubah kecoklatan. Ada beberapa cara mencegahnya.

Untuk mengatasinya, ikuti trik berikut ini:



Gunakan air dingin
Isi mangkuk besar dengan air dingin. Air harus cukup menutupi seluruh kentang. Tambahkan sedikit garam dan aduk hingga larut. Takaran garam bisa bervariasi, tergantung banyaknya air yang digunakan.

Cicipi air untuk memastikan apakah apakah Anda perlu menambahkan lebih banyak garam atau tidak, karena itu gunakan air matang. Aturan praktisnya, gunakan sekira 1/2 sdt garam per satu liter air.

Rendam hingga tertutupi

Masukkan kentang yang telah dikupas dan dipotong ke mangkuk berisi larutan air dan garam. Biarkan kentang terendam air garam. Usahakan hanya satu kali proses perendaman, semua kentang bisa terendam dengan baik.


Pindahkan ke mangkuk lain segera setelah selesai proses perendaman. Jika dalam proses perendaman ada permukaan kentang yang tidak benar-benar terendam alias terkena udara, maka tambahkan lebih banyak air hingga semua bagian kentang tertutupi.

Masukkan kulkas jika tidak segera digunakan
Biarkan kentang berada dalam air rendaman jika Anda tidak berniat untuk menggunakannya segera atau dalam beberapa jam. Pindahkan mangkuk rendaman kentang ke dalam lemari es dan simpan selama semalam. (Sumber : Okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar