29 Okt 2014

Kalau di racik seperti ini anak pasti doyan buah dan sayur


Memberikan buah dan sayur pada anak tidak gampang. Selain pilih-pilih, mereka juga cepat bosan. Apalagi jika pernah mencicipi buah atau sayur yang kurang enak. Jangan habis akal, sulap buah dan sayur jadi sajian enak.
Dengan cuaca yang tidak menentu, si kecil mulai sering mengalami batuk, pilek dan juga demam. Salah satu penyebabnya adalah dengan kurang konsumsi sayur dan buah segar. Berikut ini cara yang baik untuk memberikan si kecil buah-buahan dan sayuran segar agar lebih enak.
1. Es loli

Popsicle atau es loli memang menjadi salah satu sajian es favorit si kecil. Jika membeli di luar, warna yang dihasilkan es loli biasanya berasal dari zat pewarna. Buat sendiri dengan campuran buah-buahan segar yang dihaluskan, dicetak dan dinginkan hingga berbentuk es.
Jika ingin bereksperimen sendiri, racik es loli dengan strawberry, mangga dan susu. Selain kaya akan vitamin C, racikan es loli ini juga mengandung anthocyanin, antioksidan yang dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

2. Sup

Sajian sup hangat memang memiliki nutrisi yang komplet. Dalam sajian sup terdapat aneka sayuran seperti kentang, wortel dan buncis serta aneka lauk yang juga dicampurkan yaitu daging ayam, bakso atau telur puyuh.
Saat mengonsumsi sup, Anda sudah mendapatkan nutrisi ekstra baik dari protein,lemak, karbohidrat ataupun vitamin dan mineral yang dapat meregenerasi sel dan jaringan tubuh.

3. Smoothie

Selain air putih, jus dapat menjadi alternatif minuman sehat untuk si kecil. Anda dapat memanfaatkan buah yang sedang musim untuk dijadikan jus atau smoothie. Jika ingin teksturnya lebih kental, buat smoothie yang kaya serat, vitamin dan mineral untuk disantap sebagai camilan ataupun untuk melepas dahaga.

4. Selai

Buah-buahan seperti nanas, sarikaya, nangka dan strawberry dapat diolah menjadi selai untuk olesan roti si kecil. Walaupun mengandung gula, selai alami mengandung serat yang didapatkan dari buah.

5. Salad buah

Jika si kecil malas untuk menyantap buah potong, racik salad buah yang enak untuk si kecil. Buah yang dipotong dapat Anda racik dengan tambahan  keju parut atau susu yang akan menambah citarasa.
(Sumber: Detikfood)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar